Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Panduan cara menanam dan budidaya tanaman bunga landep tanaman obat rematik

Panduan cara menanam dan budidaya tanaman bunga landep tanaman obat rematik - Tanaman Landep alias porcupine flower (Barleria prionnitis) adalah salah satu tipe tanaman obat keluarga (toga) yg bersumber dari India, Sri Lanka dan Afrika Tengah. Tanaman landep ini adalah tanaman yg tumbuh liar.

Panduan cara menanam dan budidaya tanaman bunga landep tanaman obat rematik


Klasifikasi Tumbuhan Landep

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Acanthaceae
Genus: Barleria
Spesies: Barleria prionitis L.

Tanaman landep mempunyai beragam manfaat, fungsi tanaman landep yaitu bisa menolong mengobati rematik, encok, sakit perut, cacingan, kurap, perut dan busung, menurunkan demam dan mencegah kerusakan gigi. Sedangkan bunga landep yg berwarna kuning indah ini berguna sebagai peluruh kencing. Selain itu, daun landep juga berguna untuk menyuburkan dan menjaga kehitaman rambut yaitu dengan tutorial menumbuk halus daun landep lalu gunakan untuk keramas, diamnkan berbagai menit sampai kering lalu bilas, perbuat faktor ini selagi 2-3 bulan jadi hasilnya akan terlihat.

Baca juga : Cara pembibitan tanaman buah naga

Cara Menanam dan Budidaya Bunga Landep

Pembibitan Bunga Landep

Pembibitan bunga landep bisa dilakukan dengan memakai biji maupun tunas. Ambil biji yg telah sangatlah tua, lalu jemur sampai kering. Kemudian, simpan berbagai ketika dan bisa pribadi di tebar ke lahan tanam. Jika telah mempunyai rumpun, tanaman induk bisa diperbanyak dengan memakai tunas. Pisahkan tunas yg akan dijadikan bibit dari tanaman induknya.

Penanaman Bunga Landep

Pertama, siapkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran antara tanah gembur dengan pupuk kompos dengan rasio 1:1. Selanjutnya, bibit bisa pribadi ditanam ke media tanam. Tebarkan biji benih bunga dengan cara merata lalu tutup kembali fengan tanah tipis saja supaya tanaman cepat tumbuh. Jika memakai bibit, pribadi saja tanam. Lakukan penyiraman setiap hari dengan cara selalu yaitu pada pagi dan sore hari.

Baca juga : Cara sukses budidaya timun agar cepat berbuah dan panen

Perawatan Bunga Landep

Perawatan yg butuh dilakukan pada tanaman bunga landep yaitu lumayan penyiraman dan pemupukan terjadwal saja. Penyiraman bisa dilakukan 1-2 minggu sekali, penyiraman tersebut dilakukan sepecukupnya saja. Sedangkan pemupukan bisa dilakukan setiap 1,5-2 bulan sekali dengan memakai pupuk kandang/kompos.