Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menanam dan Merawat Anggrek Bulan

Cara Menanam dan Merawat Anggrek Bulan - Anggrek bulan tergolong salah satu bunga nasional Indonesia. Puspa pesona Nusantara ini terbukti telah tak diragukan lagi keelokannya. Terpancar dari bentuk kelopaknya juga varian warna yg tak dimiliki oleh bunga-bunga lain, sangatlah memanjakan mata siapapun yg melihatnya. Dengan keindahan dari bunganya, membikin para penggemar bunga merasa harus untuk mempunyai anggrek ini di rumah mereka. Bunga ini dikenal dengan nama Butterfly Orchid, Bentuk kelopakanya seperti sayap kupu-kupu yg melebar dengan paduan corak warna yg sangat cantik. Hal ini membuatnya menjadi tipe anggrek yg paling tak sedikit dicari keberadaannya.

Cara Menanam dan Merawat Anggrek Bulan
Cara Menanam dan Merawat Anggrek Bulan
Menanam anggrek bulan sebetulnya gampang-gampang sulit, dibutuhkan berbagai teknik khusus supaya tanaman anggrek dapat sukses tumbuhnya. Untuk memperoleh bunga anggrek yang akan terjadi tanaman Kalian sendiri dapat Kalian perbuat dengan 2 cara. Yaitu menanamnya dengan media pot alias menempelkannya pada pohon. kedua tutorial ini dapat menjadi pilihan bagi Kalian untuk memperoleh tanaman anggrek bulan yang akan terjadi tanaman sendiri. Penjelasannya sebagai berikut:

Menanam di dalam pot


  • Pertama-tama pilih pot yg sesuai dengan tanaman anggrek. Biasanya di tanam pada pot kecil yg transparan, pot tanah, pot kayu alias pot plastik. Sebagai saran, sebaiknya memakai pot transparan supaya dapat mengontrol pertumbuhan akarnya.
  • Untuk media tanahnya, dapat memakai sabut kelapa, pecahan genteng, batu-bara, arang, kayu alias potongan pakis.
  • Siapkan kawat alias bambu.
  • Siapkan bibit anggrek yg mampu Kalian dapatkan di toko-toko pertanian. Biasanya tersedia bibit anggrek botolan yg daunnya telah berkapasitas 1 cm serta akarnya telah timbul 2 hingga 3 helai.
  • Selain bibit botolan, Kalian juga mampu membeli bibit anggrek muda. Bibit ini ditanam pada tray (wadah bibit anggrek, tidak sedikit di toko pertanian). Penanaman bibit belia pada pada tray berfungsi supaya mampu memindahkan bibit anggrek dengan mudah ke tempat-tempat yg disinari cahaya matahari di pagi hari. Penanaman ini dilakukan selagi 3 bulan.
  • Setelah semua media tanam tersedia, penanaman mampu dilakukan. Untuk penanaman bibit anggrek botolan, mampu dilakukan dengan tutorial memindahkannya eksklusif pada pot serta usahakan jangan merusak helaian akarnya. Untuk mengeluarkan bibit dari botol, gunakan kawat yg telah dilengkungkan terlebih dahulu. Dan untuk penanaman bibit dari tray yg telah berumur 3 bulan, juga mampu dipindahkan ke dalam pot berdiameter 15 cm dengan 3 hingga 5 tanaman.
  • Kemudian, pada 3 bulan berikutnya, dilakukan tahapan repotting. Yaitu memindahkan tanaman-tanaman anggrek tadi ke ukuran pot yg lebih besar. Satu pot berisi satu tanaman anggrek.


Menanam dengan cara ditempel


Karena anggrek adalah tanaman merambat serta tergolong tanaman epifit yg nasib dengan tutorial menempelkan diri pada tanaman lain, sehingga media penanamannya juga memakai pohon saja. Caranya, ikat anggrek tersebut pada pohon dengan memakai tali plastik alias tali ijuk alias tali rapia.

Kemudian dengan sendirinya, anggrek akan mengikuti keadaan dengan menjalarkan helaian-helaian akarnya ke permukaan pohon yg ditempelinya. Cara ini terbilang lebih mudah dari tutorial penanamannya di dalam pot.

Setelah menanamnya, bunga anggrek yg ditunggu-tunggu mekarnya inipun kadang tak seindah bunga anggrek milik tetangga. Maksudnya, seusai tumbuh, hasilnya tak begitu maksimal. Hal ini terjadi sebab ‘mungkin’ Kalian tak lebih memberi perhatian pada bagian perawatannya. Padahal untuk perawatannya tak terlalu sulit, hanya semacam perawatan tanaman pada umumnya, yaitu dengan memperhatiakan intensitas cahayanya, serta melakukan bagian penyiraman juga pemupukan. Berikut jabarannya:

Pemupukan


Pemberian nutrisi berupa pupuk sebaiknya di arahkan pada daun. Karena faktanya, kutikula alias pembuluh daun dapat mendapatkan 90% asupan nutrisi sementara akar hanya sanggup mendapatkan 10% saja. Bagi para penggemar bunga anggrek, pupuk yg biasa diandalkan merupakan dekastar. Dekastar sanggup mempercepat pertumbuhan tunas, merangsang pertumbungan cabang-cabangnya, serta menyuburkan tanaman. Selain itu juga dapat memakai pupuk NPK ataupun pupuk khusus tanaman anggrek (Namira).

Caranya yaitu dengan eksklusif menyemprotkan cairan pupuk pada daun. Lakukan 2 kali sehari pada pagi serta sore.

Perlu diperhatikan, saat tunas anggrek telah terkesan memenuhi pot, semut mulai mengkerubungi tanaman serta terselimuti oleh lumut, jadi itu merupakan media tanamnya telah wajib diganti dengan yg baru.

Penyiraman


Bunga anggrek pada dasarnya tak terlalu menyukai asupan air yg berlebihan. Karena faktor ini akan merusak pertumbuhan akar serta membikin medianya menjadi basah serta becek. Jika semacam itu, tanaman tunas tanaman akan rontok serta membusuk.

Jadi, untuk penyiramannya sebaiknya memakai sprayer. Teknik menyemprotkan air pada tanaman anggrek akan membikin tanamannya masih lembab tanpa merusak media tanamnya. Air yg dipakai merupakan air dengan pH netral. Penyiramannya dilakukan dua kali sehari pada pagi serta sore. Kalau ekspresi dominan kemarau, dapat ditingkatkan menjadi 3 kali sehari, tergolong pada malam hari penyiraman.

Intensitas cahaya


Tanaman anggrek merupakan tipe tanaman yg tak memperlukan terlalu tak sedikit paparan sinar matahari langsung. Hanya kurang lebih 20% – 30% rata-rata kapasitas cahaya yg dibutuhkan, serta itupun dari cahaya matahari pagi. Jadi sebaiknya berbagi naungan berupa paranet alias jaring peneduh. Bisa juga dengan taktik menempelkannya pada pohon besar yg cukup rindang, jadi, tanaman anggrek masih teduh. Usahakan menempelkannya ke arah timur dimana matahari eksklusif memancarkan sinar paginya.

Sama halnya untuk anggrek yg di tanam pada pot, sebaiknya disimpan pada daerah teduh, tapi masih memperlihatkan asupan sinar matahari pagi. Karena di tanam pada pot, sehingga posisi peletakannya gampang dipindah-pindahkan. Jika ditanam di dalam ruangan, jadi pastikan memakai lampu khusus tanaman supaya bunga anggrek tak mati serta masih sehat serta subur.

Itulah tadi tata tutorial penanaman serta perawatan anggrek berparas mengagumkan ini. Memang  diperlukan ketekunan serta kelihaian dalam merawatnya. Jadi, silahkan mencobanya serta semoga mendapat desain anggrek bulan yg maksimal.

Dapatkan bibit tanaman anggrek botol disini serta tanaman anggrek lainnya disini. Selain tanamannya, Kalian juga bisa menemukan beragam produk perlengkapan berkebun yg Kalian butuhkan disini, semacam pot, sprayer, media tanam, pupuk serta lainnya.