Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus L.)

Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau (Phaseolus Radiatus L.) - Tanaman kacang hijau merupakan salah satu tanaman palawija yg tidak jarang kita jumpai di kurang lebih kita. Tanaman kacang hijau ini biasanya ditanam di sawah serta ladang pada waktu musing kering alias pada ketika jarang hujan. Nama latin tanaman kacang hijau merupakan Phaseolus Radiatus L. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman kacang hijau mempunyai nama Mung Bean. Tanaman kacang hijau menurut sejarah bersumber dari wilayah Asia lebih tepatnya India. Ciri-ciri tanaman kacang hijau ini ialah bijinya yg berwarna hijau serta ukuran tanaman yg agak kecil. Tanaman kacang hijau masih satu kerabat dengan tanaman kacang emas, kacang ruji, buncis. Kegunaan serta kegunaaan tanaman kacang hijau bagi sebagian orang-orang dipakai sebagai kolak, bubur serta juga sayuran pada ketika tanaman ini baru berkecambah. Namun yg jarang kita ketahui tanaman ini juga mempunyai kegunaaan serta khasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit yg ada ditubuh.

Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau
Manfaat dan Khasiat Kacang Hijau


Nama Daerah Tanaman Kacang Hijau


Kacang herang, Kacang Cindai, Kacang Hijau, Artak, Retek Hijo, Ritik Ertak , Harita Ndrawa, Kacang Hejo, Kacang Ijo, Atak Wilis, Kacang Wilis, Hue Moidomo, Buwe Kope, Buwe Baicu, Reni, Taqmelo.

Klasifikasi Tanaman Kacang Hijau


Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus: Phaseolus
Spesies: Phaseolus radiatus L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau


Tanaman kacang hijau adalah salah satu tipe tanaman dari keluarga fabaceae alias polong-polongan. Tanaman kacang hijau mempunyai ukuran tanaman yg termasuk kecil 25-30 cm. Batang kacang hijau berbentuk bundar serta berbuku-buku. Batang tanaman kacang hijau ukurannya kecil, bertektur berbulu, berwarna hijau kecokelatan Tanaman kacang hijau mempunyai cabang yg banyak. Bagian daun pada tanaman kacang hijau majemuk, terdiri dari 3 helai anak daun pada setiap tangkai, letak daunnya berseling. Helai daun tanaman kacang hijau berbentuk oval dengan tahap ujung lancip serta berwarna hijau. Tanaman kacang hijau mempunyai tangkai daun yg agak panjang. Bunga tanaman kacang hijau timbul pada ujung percabangan. Buah tanaman kacang hijau berbentuk bundar memanjang berwarna hijau pada ketika belia serta akan berwarna kecoklatan apabila telah tua. Biji tanaman kacang hijau berbentuk lonjong kebulatan serta berwarna hijau. Tanaman kacang hijau ini berakar tunggang. Kacang hijau nasib pada tempat tropis yg berada pada dataran rendah. Habitat kacang hijau ini  berada pada ketinggian 5-700 m dpl dengan syarat mendapat sinar matahari yg tidak sedikit serta sedikit air. Tanaman kacang hijau berkembang biak dengan tutorial persemaian biji.

Kandungan Tanaman Kacang Hijau


Tanaman kacang hijau mengandung protein, vitamin B1, vitamin A, serta vitamin E.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kacang Hijau Bagi Kesehatan



  • Tanaman kacang hijau dipakai untuk mengobati penyakit beri-beri.
  • Tanaman kacang hijau bermanfaat sebagai obat diuretik.
  • Tanaman kacang hijau bermanfaat untuk mengobati hepatitis.
  • Tanaman kacang hijau untuk obat terkilir.
  • Tanaman kacang hijau memiliki kegunaan untuk menyembuhkan demam.
  • Tanaman kacang hijau dipakai untuk menambah daya tahan tubuh.
  • Tanaman kacang hijau untuk mengobati penyakit vertigo serta kepala pusing.
  • Tanaman kacang hijau untuk pertumbuhan pada anak-anak serta memperkuat tulang.
  • Tanaman kacang hijau bermanfaat untuk bunda yg baru melahirkan.
  • Tanaman kacang hijau memiliki kegunaan untuk orang-orang yg sedang melakukan diet.


Catatan

Konsumsilah herbal tanaman kacang hijau ini dengan bijaksana serta sesuai takaran.